• Twitter
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Instagram
  • Youtube

October 01, 2016

Sony VAIO Repair Saga Continues..

Oke, jadi gue lagi agak malas aja nulis blog. Emang banyak banget alasan buat gak nulis. Yang paling jadi hambatan gue beberapa bulan ini adalah ngadatnya laptop gue untuk yang kesekian kalinya..

Laptop gue, Sony VAIO SVF14416SGW, yang udah menemani gue ke mana-mana selama hampir 3 tahun ini..


Maret 2016
Layar laptop gue adalah korban pertama yang butuh perhatian. Gara-gara cerobohnya gue menjejalkan barang-barang yang lumayan berat ke dalam tas laptop dengan alasan efisiensi tempat, layar laptop gue jadi bergaris a.k.a bergaris. Akhirnya gue putusin buat cabut ke Mangga Dua karena gue tau di sana ada Sony Center. Setelah gue jelasin keluhan gue ke petugas di Sony Center gue kaget waktu dijelasin bahwa harus diganti semua bagian layarnya dengan total biaya 4,6 juta. Buset. Mendingan gue beli laptop baru sekalian.
Akhirnya gue putusin buat servis di tempat lain yang gak resmi. Gue nemu tempat servis yang sanggup repair dengan harga 1,2 juta (saja). Setelah nunggu beberapa jam, laptop gue bisa diperbaiki. Sempet gue bawa ke lapangan juga beberapa minggu berikutnya.

Agustus 2016
Laptop gue ngadat lagi. Kali ini keyboardnya yang bermasalah. Dan gue yakin masalahnya karena pernah ketumpahan kopi tahun lalu. Sebenarnya beberapa kali keyboard gue ada tombolnya yang bermasalah, tapi hanya temporer doang. Tapi kali ini beda, karena tombol Z-X-V-N-M-left-up-right-down gue bener-bener gak bisa ditekan. Akhirnya begitu ada kesempatan ke Jakarta gue perbaiki lagi ke tempat yang sama. Kali ini gue abisin 600rb buat ganti keyboard. Setelah gue coba keyboardnya dan ternyata oke, gue balik ke kosan.
Ketika gue coba nyalain di kosan, laptop gue overheat dan langsung mati. Gue nyalaiin lagi, mati lagi. Begitu seterusnya. Akhirnya gue balik lagi dong ke tempat servisnya. Laptop gue didiagnosa VGA-nya bermasalah. Gue lemes dong.
Belum nyerah, gue bawa ke Sony Center di Jogja. Ternyata cuma bermasalah di kipas yang nempel di motherboard. Sedikit lega ketika gue cuma menghabiskan 300ribu doang. Beberapa hari berikutnya giliran software gue yang kena. Windows gue corrupt, gue balik ke Sony Center. Setelah beberapa hari, ternyata laptop di Windows gue gak berhasil direcovery. Akhirnya gue harus puas dengan Windows yang gue pasang sendiri.

Oktober 2016
Gue nulis postingan ini sambil nahan tangan gue yang dingin akibat gue pasang kipas dengan kecepatan maksimal yang diarahkan ke arah laptop. Sepertinya kipas laptop gue bermasalah lagi. Mana udah lewat sebulan lagi dari servis sebelumnya. Haduh. Itupun settingan CPU clocknya gue batesin cuma 60 persen. Lewat dari itu, suhu langsung naik. Solusi jangka pendeknya paling gue cari kipas eksternal yang dicolok ke USB port laptop. Jangka menengahnya ya gue bawa ke Sony Center lagi. Jangka panjangnya ya, siap-siap nguras rekening gue buat beli laptop baru.

1 komentar:

Anonymous said...

hahahaha kasiaaannn bangettt biii

-feisal-

Contact

Get in touch with me


Address/Street

Kongsijaya 02/01, Widasari, Indramayu 45271

Phone number

+(62) 81223001161

Website

www.abialghifari.com